Rabu, 04 Mei 2011

Alat Musik Unik dari Penjuru dunia

1. Didgeridoo
Ditemukan oleh: Alat musik ini berasal dari masyarakat Aborigin Australia Utara, alat ini yang biasa disebut
dige, sangat tua, dan tidak diketahui siapa yang menemukannya. Banyak ahli musik yang mengatakan bahwa alat musik ini adalah alat musik tiup tertua di dunial, bahkan dianggap berasal daro 40.000 tahun lalu.
Cara memainkannya: dengan meniup batang pohon ekaliptus yang berlubang.
Hal yang mengagumkan: ditemukan oleh British Medical Journal bahwa
memainkan alat musik ini akan membantu mengurangi mendengkur dan membantu gangguan pernapasan pada saat tidur, karena alat ini akan membantu memperkuat otot saluran udara atas.

2. Glass Armonica

Ditemukan oleh: Benjamin Franklin pada 1761, Armonica dalam bahasa Italia berarti harmoni. Ia pernah mengatakan: 'Dari semua temuanku, yang paling memuaskan buat aku adalah Glass Armonica ini."
Cara memainkannya: Semua orang yang pernah menggesekkan jari di mulut gelas, pasti tahu bahwa suara yang dihasilkan bergantung pada jumlah air dalam gelas. Franklin menggunakan ide ini dengan menggunakan semacam alat yang di pompa dengan kaki, dan menggetarkan botol, sehingga apa yang kita butuhkan hanya tinggal menyentuhkan jari basah kita ke bibir gelas. Bentuk gelas lah yang menentukan suara yang keluar
Hal yang mengagumkan: Mozart sangat menyukai alat ini, sehingga ia menulis dia komposisi yang dimainkan untuk alat ini.


3. Bonang
Ditemukan oleh: Pemain gamelan Jawa. Dalam mitologi Jawa, gamelan (memukul dengan palu), gamelan diciptakan oleh Sang Hyang Guru pada tahun Saka 167, sekitar 230 Masehi)
Cara memainkannya: dua penabuh dengan bantalan.
Hal yang mengagumkan: Di Bali, bonang memiliki 'sepupu' yang disebut Reong, yang hampir identik.


4. Tsabouna
Ditemukan oleh: gembala2 di Yunani 2000 tahun lalu.
Cara memainkannya: TSobauna dibuat dari kulit kambing, yang digembungkan dengan meniup bagian mouthpieace. Di sisi lain dari alat ini, ada semacam alat yang mirip flute, yang dimainkan dengan jari.
Hal yang mengagumkan: Walaupun mirip dengan bagpipe Skotlandia, tsabouna tidak memiliki pipa2 lain, sehingga tidak menimbulkan suara bising seperti bagpipe Skotlandia

5. Hang
Ditemukan oleh: ditemukan 8 tahun lalu (tahun 2000) di Bern, Switzerland, oleh Felix Rohner and Sabina Schärer dari THE PANArt Company.
Cara memainkannya: Alat musik ini semacam gabungan antara drum dan gamelan, alat ini dimainkan dengan ujung2 jari dan pangkal telapak tangan (seperti ketipung). Nada yang dihasilkan didapat dengan tekanan tangan.
Hal yang mengagumkan: di German, daerah Bern, Hang mengarah ke tangan manusia, dan disebut hang atau hong.

0 komentar:

Posting Komentar